Minggu, 27 Oktober 2013

PERLENGKAPAN DASAR PAPER QUILLING (1)

Alhamdulillah..

Hello, apa kabar...?
Kali ini sy akan mengajak pembaca untu flashback ke belakang. Bila selama ini, sy sering sharing kreasi quilling, kali ini hendak membahas dasar dasar dalam quilling. Saya menulis ini, karena mungkin masih ada pembaca yang mau dan tertarik mencoba quilling tapi masih bingung bagaimana memulainya. Yuk, silahkan baca ya, tulisan sederhana ini

Tulisan ini berdasarkan pengalaman sendiri dan sebatas yang sy tahu. Perlengkapan dasar jika hendak membuat quilling adalah KERTAS QUILLING, LEM PUTIH, JARUM QUILLING DAN BUTTERFLY ART.



KERTAS QUILLING
Untuk membuat quilling, bahan dasarnya adalah kertas yang telah dipotong kecil memanjang menjadi strip strip kertas. Ada perbedaan lebar, ada yang 1mm, 2mm, 3mm, 5mm, dll, tergantung tingkat keahlian quiller dan kegunaannya. Quiller yang sudah expert bisa memakai strip yang lebarnya 1 mm. Coba pembaca bayangkan, hehheehe. Kalau baru belajar, pakailah yang lebarnya minimal 3 mm karena akan lebih mudah.
Karena seni paper quilling berasal dari barat, memang kertas yang ideal adalah dari mereka. Saya pernah beli keras quilling import di sebuah toko kertas besar.. emang sama tipisnya dengan kertas hvs warna 80 gram, tapi kertas yg saya beli itu lebih halus dan lentur alias nggak getas.
Makanya, daripada mahal dan sulit nyarinya, kita pakai kertas produk dalam negeri aja hehe. Anda bisa pakai hvs warna 80 gsm, yang bisa dibeli ditoko kertas atau toko buku yang besar. Bila nggak ada atau pengen yang lebih tebal, anda bisa pergi ke tempat fotocopy yang besar untuk membeli kertas warna warni yang biasanya dipakai sebagai cover. Mudah kan..? Sebenarnya ada kertas warna warni yang lebih tebal, yaitu sekitar 100 gsm, sayangnya harganya relatif mahal.
Setelah dapet kertasnya, potonglah dengan lebar sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Paling enak pakai PAPER SHREDDER, tetapi mahal. Alternatif kedua memakai paper cutter. Kalau punya saya gambarnya di sini. Alternatif ketiga anda memotongnya manual dengan cutter dan penggaris besi.



Ini sebagian kertas sy yang belum dipotong



 Berikut ini perbedaan lebar strip dan perbedaan hasilnya jika sudah dibentuk.Dari atas lebarnya 4mm, 3mm, dan 2mm.




Cukup segini dulu yah,...
Terimakasih telah berkunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar