Rabu, 04 September 2013

CARA MEMBUAT (TUTORIAL) QUILLING POT

Berikut ini saya jelaskan sedikit tentang cara saya dalam membuat quilling pot..

Pertama, siapkan kertas strip. Bisa kertas coogurated atau kertas strip dari kertas biasa, dengan catatan usahakan kertas yang tebal (misalnya semacam buffalo) bukan yang hvs 80 gram. Lebih mudah yang lebarnya 4 mm keatas. 


Untuk pot kali ini, siapkan strip yang kecil sebanyak 8 buah dan kertas yang besar itu 7 atau 8 buah (anda boleh lebih sedikit atau lebih banyak). Biar mudah tiap 3 strip saya sambung dengan mengelem ujungnya. Semakin panjang atau banyak kertas strip yang dipakai, semakin besar pot yang dihasilkan. Buatlah gulungan padat dengan semua kertas strip yang telah disiapkan.


Setelah gulungannya jadi, tekan bagian tengahnya dengan kedua ibu jari dan jari jari lainnya agar membentuk kubah pot. Pelan pelan aja ya, biar gulungannya tidak lepas.


Sekarang supaya potnya seimbang dan tegak lurus, rapikan dasarnya dengan meletakkan dan mengetuk ngetuk dasarnya ditempat datar.


Bila potnya uda seimbang dan dibentuk sesuai selera (tinggi atau pendek) langkah selanjutnya adalah memberi lem dibagian dalamnya, diratakan ya.


Tunggu sampai lemnya kering. Selanjutnya, untuk menancapkan atau meletakkan tangkai bunga dan daun, Buatlah gulungan agak longgar dari kertas strip yang lebar (diatas 5 mm, sesuaikan dengan tinggi pot). Gulungan longgar ini tempelkan di dasar pot dengan memberi lem agak banyak.


Untuk menancapkan bunganya, tunggu sampai lemnya agak kering.

That is all, ada yang kurang jelas, boleh bertanya...:))).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar