Selasa, 26 Maret 2013

ALAT DAN BAHAN PAPER QUILLING

Alhamdulillah..
Apa kabar semuanya..? 
Ngomong-ngomong, btw, ada yang baru mulai tertarik sama quilling tetapi belum mulai mencoba..? Atau ada yang mau mencoba tapi masih agak bingung bahan dan alatnya apa aja dan belinya dimana?

Postingan saya kali ini semoga bisa membantu ya, meskipun sebenarnya saya juga masih belajar alias newcomer.

Kalau anda nggak punya buku panduan quilling, dan belum atau tidak bisa ikut kursus quilling, nggak usah bingung. Rajin rajin atau sering aja blogging atau browsing di google untuk nyari tutorial tutorial yang banyak beredar. Terus, mulai aja berkreasi dengan bahan seadanya dulu, lama lama semoga nanti akan pinter juga. Pengalaman sendiri seperti itu..:))).

Dibawah ini alat dan sebagian bahan yang saya pakai.Pokoke sakonone..(seadanya).




Gambar di atas terdiri dari jarum pentul, penggaris, yang bolong bolong namanya apa ya, terus sisir.
Jarum pentul jarang saya pakai, penggaris biasanya dipakai waktu membuat frame dari kertas. Saya milih sisir itu karena gigi-giginya kaku sehingga tidak goyang goyang ketika dipakai. Sisir model apa saja sepertinya bisa dipakai koq.


Gambar di atas ini pinset, jarum buat nggulung, lem, tusuk gigi, dan gunting.
Pinset biasanya dipakai untuk memegang ketika akan dirangkai menjadi kuntum. Jarum penggulungnya saya buat sendiri( jelek tapi berguna). Lem stik buat merangkai quillingnya. Lem uhu dipakai waktu buat frame. Tusuk gigi bisa dipakai untuk nggulung dan mengoleskan lem.


Nah, kalau di atas ini, kertas yang sudah dipotong jadi strip lebarnya kira kira 4 mm. Maaf ya berantakan, karena belum dirapikan. Itu sebagian besar kertas hvs 80 gram warna yang dipotong pakai mesin penghancur kertas , jadi nggak bisa nyetting lebarnya. 
O h ya, ada yang ketinggalan, saya juga kadang kadang pakai gabus sebagai alas.

Alat alat tersebut bisa dibeli di toko kertas atau toko buku. Yang agak sulit adalah nyari kertasnya.

Tapi kalau anda nggak mau repot, kayaknya udah banyak yang menjual paketan alat dan bahan quilling.

Semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar