Minggu, 01 September 2013

TAUBATNYA ORANG YANG DAHULU TIDAK SHOLAT

Berikut ini fatwa Syaikh Shalih Fauzan Al Fauzan hafidzohullah, ketika ada yang mengajukan sebuah pertanyaan:

Soal: Selama hidup saya sebagian besarnya saya jalani tanpa pernah melaksanakan sholat, apa yang harus saya lakukan sekarang? Apakah mengqodhonya,ataukah ada kaffarah ataukah taubat?Jika qodho bagaimana caranya saya mengqodho semuanya?Ataukah ada cara lain?

Jawab

Yang wajib bagi anda sekarang adalah bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan menjaga sholat di sisa hidup anda. Dan hendaknya anda bersungguh-sungguh dalam bertaubat dengan menunaikan semua syarat-syaratnya, yaitu :
1. Menyesal atas dosa yang telah diakukan
2. Berhenti dari dosa yang dilakukan dan mewaspadainya
3. Bertekad untuk tidak mengulangi dosa tersebut

Jika anda telah benar-benar bertaubat dan senantiasa melakukan ketaatan di dalam sisa hidup anda dan senantiasa melakukan sholat, maka itu cukup bagi anda insyaAllah. Dan anda tidak perlu mengqodho sholat sholat yang terlewat karena anda meninggalkannya dengan sengaja. Dan ini sebenarnya sebuah kekufuran kepada Allah 'azza wa jalla, Karena menurut pendapat yang tepat diantara perselisihan yang ada diantara para ulama, meninggakan sholat dengan sengaja membuat pelakunya keluar dari Islam walaupun dia tidak menganggap meninggalkan sholat itu boleh


Sumber: muslim.or.id
Syaikh Shalih Fauzan al Fauzan hafidhohullah adalah ulama ahlussunnah senior dari Saudi Arabia
mengqodho artinya mengganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar