Selasa, 27 Mei 2014

TUTORIAL QUILLING: MEMBUAT FRINGED FLOWER

Bismillah,

Salah satu jenis bunga yang dipakai dalam pekerjaan atau proyek quilling adalah fringed flower atau bunga berumbai.Namun jenis fringed flower pun bermacam macam. 

Kali ini saya sharing tutorial sederhana bagaimana membuat quilling fringed  flower. Ketika anda googling, sebenarnya banyak tutorial dan lebih bagus, saya hanya meramaikan saja.

Anda ingin membuat bunga seperti ini? Caranya tidak sulit namun membutuhkan ketelatenan.


Pertama siapkan alat dan bahannya dulu. Untuk alat ada gunting, lem putih, alat penggulung dan bahannya adalah kertas strip yang lebarnya 1 cm dan panjangnya sepanjang kertas yang anda punya. Disini saya akan membuat bunga yang kecil. Jika anda ingin membuat yang lebih besar lebarnya jadi 1,5 cm. Di sini saya memakai kertas warna 80 gsm.

Setelah siap, guntinglah kertas strip tersebut seperti pada gambar. Guntingnya kecil kecil saja supaya bunganya cantik dan jangan sampai terputus. Sisakan kira kira 3 mm ang tidak digunting nanti sebagai dasar bunganya. Kalau udah digunting semua, gulunglah dengan alat penggulung.

Setelah selesai digulung, rapikan bagian bawahnya, sebisa mungkin dasar bunganya dibuat datar. Tetapi jika agak cekung pun tidak masalah. Jangan lupa diberi lem putih di bagian dasar bunganya agar bentuknya tidak berubah ubah. Biarkan lemnya kering.
Bukalah gulungan bunga tersebut sehingga bunganya jadi seperti di bawah ini.


Kalau bunga merah di bawah ini, saya buat dengan memakai 2 kertas strip yang lebarnya 1,5 cm, saya sambung.


Kalau yang dibawah ini, saya memakai 2 kertas strip lebar 1,5 cm dengan warna yang berbeda kemudian saya tumpuk lalu digulung.


Kalau yang dibawah ini,bunganya memakai putik. Jadi disambung dengan kertas strip lebar 3mm yang tidak digunting.


Demikian tutorial sederhana ini,semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar