Selasa, 29 Oktober 2013

BASIC MATERIAL FOR QUILLING (2)

Kali ini saya akan meneruskan tulisan yang kemarin yaitu tentang perlengkapan dasar paper quilling. 

Perlengkapan yang kedua adalah alat penggulung, sering sy  sebut jarum quilling. Istilah jarum quilling sebenarnya kurang tepat. Yang sebenarnya istilahnya adalah neddle tool dan slotted tool. Pada umumnya ada 2 macam alat penggulung. Needle tool bentuknya seperti jarum jahit tapi ujung tajamnya dipotong. Sedangkan bentuk kedua adalah slooted tool yang bentuknya seperti needle tool cuman ujungnya ada belahannya untuk mengaitkan kertas ketika akan digulung

Di bawah ini jarum buatan (slooted) saya sendiri, jelek memang heheheh...Lihat ujungnya yang terbelah. Ini saya buat sendiri dengan memakai jarum jahit besar tapi pada lubangnya dipotong sedikit diujungnya dan ditancapkan ke pensil sebagai pegangan.


Sebenarnya alat ini dipakai untuk mempermudah dalam menggulung kertas. Misalnya anda bisa, hanya dengan jari jari tangan pun bisa tapi agak sulit.

Perlengkapan ketiga adalah alat untuk mencetak gulungan supaya sama besarnya, di sini saya sebut sesuai mereknya yaitu butterly art (karena gak tahu namanya apa,..:)).  Kalau kita mau membuat bunga, kelopaknya harus sama besarnya bukan? Bisa dibeli di toko kertas dan alat tulis kantor.


Perlengkapan terakhir adalah lem putih. Pada gambar di atas bisa anda pilih salah satu. Kelebihan lem putih adalah daya rekatnya bagus dan kalau sudah kering menjadi transparan. Bisa dibeli di toko buku atau kertas yang besar.

Demikian uraian sederhana ini. Jangan sungkan tuk bertanya lewat komentar. Namun sejauh yang saya tahu lho yaa..

Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. Aslm.kalo pake lem kayu gmn mbak

    BalasHapus
  2. Aslm.kalo pake lem kayu gmn mbak

    BalasHapus
  3. wah maaf, sy blm pernah pakai lem kayu.Tp apakah hasilnya akan baik kalau lem kayu dipakai untuk mengelem kertas, apalagi kalau kertasnya tipis?sepengetahuan sy, lem yg umum dipakai untuk quilling (diindonesia) adalah lem yg sy tunjukkan digambar, terimakasih

    BalasHapus